Jenis jamur beracun

Apa Saja Sih Ciri-Ciri jamur yang Beracun?

  • Mempunyai warna yang mencolok
Ciri yang pertama adalah mempunyai warna yang mencolok. Nah seperti apa sih warna yang mencolok? Contoh warnanya adalah merah-darah, hitam-legam, biru-tua, ataupun warna-warna lainnya. Walaupun ada pula jenis jamur beracun yang mempunyai warna terang (kuning muda) atau putih, dan jamur yang dapat dimakan berwarna gelap, misal coklat-tua.

  • Menghasilkan bau yang menusuk hidung
Ciri yang kedua adalah menghasilkan bau yang menusuk hidung, yaitu seperti bau telur busuk ataupun bau ammoniak.

  • Mempunyai cincin atau cawan
Ciri yang ketiga adalah mempunyai cincin atau cawan. Nah, walaupun ada yang sebaliknya, seperti jamur-merang mempunyai cawan dan jamur kompos mempunyai cincin, tetapi tidak beracun.

  • Tumbuh pada tempat yang kotor
Ciri yang keempat adalah tumbuh pada tempat yang kotor, seperti tempat pembuangan sampah, kotoran kandang, dan sebagainya

  • Jenis jamur beracun cepat sekali berubah warna
Ciri yang kelima adalah mudah berubah warna misalnya dari putih ke warna gelap, kalau dimasak atau dipanaskan.

  • Pada jamur beracun terdapat amatoksin dan palotoksin
Ciri yang terakhir adalah terdapat amatoksin dan palotoksin. Nah ini merupakan racun yang dapat menyebabkan: pusing, mual, muntah-muntah, sakit perut parah, diare.

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Jamur yang Berbahaya?

  • Amanita

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitatnya jamur ini adalah tumbuh liar di hutan, tegalan dan pekarangan, ditemukan di antara jatuhan daun atau pada tanah humus. Biasanya, racun yang terkandung pada amanita digunakan untuk meracuni ujung tombak atau senjata tajam lainnya.

Nah jenis-jenis jamur Amanita adalah :
 Amanita Spisa, ciri-ciri: tubuh buah seperti payung, dengan tudung berwarna coklat tua dengan bintik-bintik putih, tidak memiliki cincin, tidak memiliki cawan.

 Amanita muscaria, ciri-ciri: tubuh buah seperti payung, dengan tudung berwarna merah dengan bintik-bintik putih, tak ber cincin, tidak memiliki cawan.

Amanita Umbrina, ciri-ciri: tubuh buah menggulung, dengan tudung berwarna coklat muda sampai kuning, batang tidak jelas.
  • Boletus

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitatnya jamur boletus adalah hutan, di antara jatuhan daun atau tanah berhumus, di pinggir kebun dan pekarangan rumah.

Ciri-ciri : Tubuh buah menyerupai payung, tudung tebal dan bulat, batang berwarna (kecoklat-coklatan, kehitam-hitaman), tudung berwarna (coklat tua, kuning, atau coklat kekuning-kuningan), tidak bersisik, tidak bercincin dan tidak memiliki cawan.



  • Lactarius

Ciri dan Jenis Jamur BeracunTempat habitatnya: tumbuh liar di hutan, kebun dan di pekarangan rumah.

Ciri-ciri : tubuh buah berbentuk payung terbuka ke atas, berbatang tebal, berwarna (coklat muda,kekuning-kuningan, coklat putih serta biru muda dengan bintik hitam atau garis-garis memanjang), tudung berwarna seperti batang, kadang-kadang disertai garis melingkar di atasnya, tidak memiliki cawan, tidak bercincin, tidak berbercak dan tidak bersisik.
Jamur ini sama bahayanya dengan jenis jamur lainnya, maka dari itu jangan mengkonsumsi jamur laktarius ini karena akan mengganggu kesehetan tubuh.
  • Morchella

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitatnya:- tumbuh liar pada timbunan daun atau menempel pada batang yang telah lapuk.

Ciri-ciri : tudung berbentuk payung tertutup, dengan tudung berwarna kuning tua, tidak memiliki cincin,  batang putih kekuning-kuningan tanpa sisik yang jelas dan tidak memiliki cawan.

  • Pholiota

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitatnya: tumbuh liar diantara timbunan daun yang berjatuhan atau menempel pada kayu yang telah lapuk.

Ciri-ciri: tudung buah mempunyai bentuk seperti payung dengan warna batang putih, kekuning-kuningan atau kuning dan ada kalanya kecoklat-coklatan dengan warna tudung sama seperti warna batang, tidak memiliki cincin, memiliki sisik pasa batangnya dan tidak memiliki cawan, biasanya hidup berkelompok.

  • Psalliota 

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitatnya: tumbuh liar ditanah yang banyak mengandung humus
Ciri-ciri: batang panjang berwarna (putih atau coklat muda), batang dan tudung bersisik kasar, tudung berwarna kuning kecoklatan atau kuning kehitaman, tidak memiliki cincin maupun cawan.




  • Russula

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Tempat habitat rusulla adalah tumbuh liar pada timbunan daun terutama di kawasan hutan.

Ciri-ciri : batang berwarna (putih, kebiru-biruan, hijau, kuning, ungu), tudung berwarna (biasanya tidak berbeda dengan warna batang), tidak memiliki sisik, tidak bercincin dan tidak bercawan.



  • Jamur Supa Kakabu

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Salah satu jenis jamur yang berbahaya dan tidak bisa dimakan adalah jamur supa kakabu. Jamur ini tumbuh liar di hutan di antara jatuhan daun atau tanah berhumus, di pinggir kebun dan pekarangan rumah.

Jamur ini memiliki ciri-ciri antaralain berukuran besar, berbentuk payung, tebal dan bulat, jamur ini identik dengan warna coklat.

Apabila kamu menemukan jamur supa kakabu, sebaiknya jangan diambil apalagi sampai dimakan. Akibatnya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan juga bisa mengakibatkan kematian.
  • Jamur Galerina

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Jamur galerina adalah jenis jamur yang berbahaya dan juga tidak dapat dimakan. Jamur dari keluarga saprobic ini bentuknya memang cantik. Punya ukuran dan bentuk seperti jamur pada umumnya, tetapi khasiat racunnya mengancam kesehatan manusia. Jamur ini memiliki racun bernama a-amanitin, yang apabila masuk kedalam tubuh akan mengganggu kesehatan hati dan ginjal, serta gangguan pada sistem syaraf otak.



  • Jamur Destroying Angel

Ciri dan Jenis Jamur Beracun
Jenis jamur berbahaya lainnya yaitu bernama destroying angel. Jamur ini memiliki warna yang sangat putih dan bersih sehingga jamur ini dijuluki dengan jamur malaikat. Namun tak seperti julukannya jamur ini ternyata mengandung racun amatoxins yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Racun amatoxins pada jamur ini dapat berakibat buruk yaitu dapat merusak hati/liver dan ginjal dalam waktu yang cukup singkat, dan lebih fatalnya adalah dapat mengakibatkan kematian.

Komentar

Postingan Populer